Hari Anti Korupsi

Kartun karya trio kartunis Jawa pos – Hari, Agung, Wahyu  (edisi 9/12/09) di atas, mencerminkan betapa susahnya membasmi kurupsi di tanah air kita tercinta ini. Korupsi sudah mendarah daging!! Ini adalah penggambaran betapa korupsi sudah merambah ke segala bidang dan segala strata sosial yang ada.
Okeeeh, Pada hari ini, disaat banyak orang berbondong-bondong ke jalan menyerukan yel-yel anti korupsi, kartunmania mengajak anda untuk merenung sejenak tentang memaknai hari anti korupsi ini.

  • Menurut kartunmania, korupsi erat hubungannya dengan suap menyuap dan uang pelicin. So, tentu ada yang disuap dan ada yang menyuap. Pernahkah anda menggunakan ‘jasa’ orang untuk melancarkan urusan anda? Misalnya, mengurus SIM, perpanjang STNK, mengurus KTP, Akta Kelahiran anak dll? Pernahkah anda berpikir bahwa untuk melancarkan urusan tersebut mereka (biro jasa misalnya) menggunakan uang pelicin? Adakah persamaan biro jasa tersebut dengan peran Anggodo/ro? Tarik benang merahnya bro….
  • Tolong cek meteran PLN dan Air di rumah masing2, standar ato oprekan…
  • Coba inget-inget, pernah melanggar aturan lalu lintas? Trus apa yang anda lakukan selanjutnya ?
  • Dalam sekala kecil, pernahkah anda main FB disaat jam kerja? Atau baca/update blog saat jam kerja? Termasuk korupsi gak?? Grrrrr………..

Terus terang, Kartunmania bukan orang suci, dari jam posting ini pun anda tentu tahu itu. Tapi setidaknya, marilah kita mulai dari diri kita masing-masing untuk tidak melakukan korupsi… dalam bentuk apapun…. setubuh? Setuju??

Comments
  1. 7 years ago
  2. 7 years ago
  3. 7 years ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons