Efek pemberitaan tabung gas meledak

Kartun Kompas edisi 25 Juni 2010
Karya : Jitet

Beberapa kasus meledaknya kompor gas yang pemberitaannya marak diberbagai media cetak maupun elektronik mempunyai beberapa dampak yang positif maupun negatif. Kartunmania yang ngertinya cuma soal ketawa dan ketawa ini mendapati 3 simpul-simpul yang mungkin terkumpul dari pemberitaan tersebut :

  • Banyak orang mulai ketakutan menggunakan kompor gas, bahkan ada yang kembali menggunakan peralatan memasak sebelumnya. Entah itu kompor minyak tanah atau kayu bakar.
  • Sebagian lagi berusaha menggunakan peralatan alternatif, seperti penggunaan kompor solar yang menurut beberapa sumber blog sobat penghuni 60 cukup aman dan dengan biaya yang lebih murah daripada minyak tanah. Ada juga yang menggunakan bahan bakar dari limbah yang disulap menjadi bio gas, seperti yang dilakukan oleh warga Desa Pesalakan Adiwerna, Tegal ini. (sumber : berita.liputan6.com
  • Bagi yang masih menggunakan kompor gas / LPG / elpiji, kasus tersebut menjadi pemicu untuk tetap melakukan pemeliharaan peralatan masak mereka. Update pemahaman tentang cara menggunakan kompor gas yang aman terus mereka lakukan. Salah satu buktinya adalah posting kartunmania tentang tips tersebut, menempati posisi top terpopuler dalam beberapa minggu terakhir ini.

Sebagai warga negara, kartunmania hanya mampu melihat 3 hal tersebut di atas. Namun dalam perkembangannya, sepertinya ada pihak-pihak yang mempunyai indera ke-6. Mereka mampu membaca kasus ini sebagai sebuah peluang… Ya, mengambil keuntungan dalam kesempitan. Congratulation 4 petualang politik… :mrgreen:

7 thoughts on “Efek pemberitaan tabung gas meledak

  1. Miftah : se-7 bro… Jika jelas tujuannya baik, harusnya didukung … entah itu dalam bentuk dukungan moril atau bahkan material. Menurut analisis otak udangku, mengkritik kebijakan pemerintah tsbt belum tentu lebih efektif jika dibandingkan dengan (misalnya) kalimat “Ya, Saya mendukung langkah pemerintah krn …bla bla bla… Untuk itu, saya sbg ketua umum Partai Penggemar Kartun akan menyumbangkan 100.000 tabung gas yang sudah berlebel SI (Standar Internasional)” 😆

Leave a Comment