Korelasi antara bakat, minat dan cita-cita

Sebagian dari kita, mungkin pernah menjalani tes IQ dan tes bakat&minat. Dari pengamatan kartunmania, anak SD di DKI Jakarta, dalam kurun waktu 6 tahun, setidaknya menjalani tes tersebut sebanyak 2 kali. Selain angka IQ anak, beberapa data tentang bakat minat anak biasanya tercantum dalam hasil tes tersebut. Data ini sebenarnya sangatlah penting bagi guru dan orangtua dalam membimbing, mengarahkan dan mem-fasilitasi anak agar bisa belajar secara optimal.

Misalnya,

  • minat anak kearah seni, maka orangtua bisa menyediakan sarana bagi anak untuk berkreasi sesuai dengan minatnya.
  • Nilai anak kita rata-rata 7,5 sedangkan hasil tes IQ-nya 128. Anak kita ini termasuk dalam kategori bermasalah, karena prestasinya jauh dibawah kemampuan sebenarnya (under achiever)

Idealnya data tentang bakat & minat tersebut selaras dengan cita-cita si anak. Cita-cita merupakan motivator terbaik bagi anak, karena datang dari dalam diri mereka. Bagaimana jika ternyata cita-cita mereka tidak sama dengan bakat dan minat? Ada baiknya orangtua mengkomunikasikannya dengan anaknya, biasanya sih ‘cita-cita’ mereka sebenarnya belum fix. Hmmm… jadi inget waktu kecil klo ditanya tentang cita-cita, aku pasti menjawab ‘jadi dokter’… Hayoooo, siapa yang jawabannya sama dengan saya? :)

Okeeh… Klo lihat kisah Peri dan Acil edisi kali ini, kayaknya si Chenchen punya kemungkinan besar untuk berhasil menggapai cita-citanya, bagaimana menurut anda?… :)

Kartun Pikiran Rakyat, 1 Juli 2012

PERI dan ACIL – Karya : Nada dan Ali

Cita-cita, emang seharusnya sesuai dengan minat… :)

Tak & Dut – Karya : Aan Iskandar

“Nenekku mantan umbrella girls

YAYAT CEKING – Karya : Rond & A’doen

“Nasgor Messi” :)


JOKIS & NAIS – Karya : R. Amdani & Kipod

“Demi bola” :batas

Mutiara kata hari ini

Aturannya gampang bro, jika dia tidak mampu membuatmu lebih baik dan justru sebaliknya, maka biarkanlah dia pergi…

Badrun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco