Category Archives: funny picture

Ghibah menyoal Video Ariel – Luna Maya – Cut Tari

File Terkait

Maraknya pemberitaan mengenai kasus video porno yang diduga dilakukan oleh orang yang menyerupai Luna Maya dan menyerupai Ariel mantan Peterpan serta diduga juga dilakukan dengan artis Cut Tari, membuat para orangtua miris. Miris karena demikian gencarnya pemberitaan tsb hadir di ruang tamu kita. Miris karena bingung mau menjelaskan ke anak-anak kita, apa dan bagaimana kasus tersebut hingga sedemikian hebohnya.
Hmmmm, coba kita simak dengan seksama kartun Kang Beng Rahadian di bawah ini. Ada beberapa poin yg kayaknya perlu kita simak dan renungkan :

  • Pengertian Ghibah, berdasarkan referensi Wikipedia adalah : “Ghibah adalah menyebutkan sesuatu yang terdapat pada diri seorang muslim, sedang ia tidak suka (jika hal itu disebutkan). Baik dalam keadaan soal jasmaninya, agamanya, kekayaannya, hatinya, ahlaknya, bentuk lahiriyahnya dan sebagainya. Caranya-pun bermacam-macam. Di antaranya dengan membeberkan aib, menirukan tingkah laku atau gerak tertentu dari orang yang dipergunjingkan dengan maksud mengolok-ngolok.”
  • Sedangkan menurut Kamus besar Bahasa Indonesia Gibah adalah : “gi·bah Ar v membicarakan keburukan (keaiban) orang lain: — dilarang dl agama Islam “
  • Dalam islam, ghibah diumpamakan seperti orang yang memakan daging bangkai saudaranya sendiri. Lebih lanjut mengenai hal ini.
  • Hal di atas adalah jika benar bahwa mereka pelakunya…. Jika tidak benar, menjadi Fitnah… “kata fitnah di dalam bahasa Arab berarti namimah yaitu menyebarluaskan berita jelek atau cerita yang tidak benar tentang suatu hal atau orang lain, baik secara diam-diam maupun secara terbuka. Fitnah ini sebenarnya ditegakkan atas tiga perkara yaitu kedustaan, kedengkian dan kemunafikan. Fitnah sering terjadi ditengah-tengah kehidupan masyarakat. Fitnah tidak sekedar menyebarkan berita buruk, tetapi juga mengadu domba dan memutar balikkan fakta. Sehingga Allah SWT menggambarkan, bahwa fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan, H. Sunaryo AY.
  • Kegiatan yang buang-buang waktu dan tidak ada manfaatnya sama sekali

So, gimana dong?

  • Mulai dari diri sendiri sob, hapus segala informasi yang menyangkut video tersebut dari media disekitar kita, jika ada ( baca : HP dan PC/net&notebook). Jangan lupa mengecek HP anak-anak.
  • Pindah chanel TV jika diprediksi akan menampilkan berita mengenai kasus tersebut.
  • Mulai memasukkan kaca kunci selain 3 nama di atas di search engine… :mrgreen:
  • Sedangkan untuk penyakit fitnah, H. Sunaryo A.Y mempunyai Tips agar terhindar dari penyakit fitnah ini dengan :
    a. Selalu waspada dan hati-hati dalam setiap masalah
    b. Jangan membuka rahasia (aib) orang lain
    c. Menumbuhkan rasa persamaan dan kasih sayang sesama manusia
    d. Mengamalkan ajaran agama
    e. Membiasakan diri bersyukur kepada Allah SWT dan merasa cukup atas segala pemberian Allah.
    f. Menjauhi seluruh penyebabnya, seperti mengikuti hawa nafsu, persaingan duniawi yang tidak bersih dan lain-lain
    g. Berhati-hati dalam berbicara, bertindak dan dalam menerima kebenaran informasi.  Read More…

Okeeh, kembali ke kartun yuk… Kita nikmati aja dengan santai… kalo perlu sempatin bikin :coffee: plus :fm: plus makanan kecil…  😀

Kartun Koran Tempo edisi 20 Juni 2010

LOTIF – Karya : Beng Rahadian

Karya : Koes

Inikah yang dibawa Jupe untuk maju sbg Balon Bupati Pacitan?

Jupe dan Pacitan
Jupe for Pacitan,  ini adalah judul yang di usung oleh Indonesiamatter.com. Apakah fenomena artis pindah profesi menjadi umaro ini merupakan wujud dari demokrasi? Ya, setiap warga negara yang memenuhi syarat berhak untuk mencalonkan diri menjadi Bupati / Wakil Bupati. Tidak terkecuali dengan Jupe – Julia Perez. Tapi kenapa mesti Pacitan? Terlepas dari alasan Jupe seperti yang dilansir TVone , sebagai orang Pacitan, Kartunmania prihatin …. 🙁 Napa?

  • Seorang Pemimpin / umaro adalah orang yang seharusnya mempunyai kapasitas untuk itu. Dulu mah, mesti sekolah bupati dulu bro… (APDN). Azas Right man in the right place mesti dijunjung tinggi.
  • Seorang pemimping haruslah bisa menjadi teladan bagi yang dipimpinnya. Di luar negeri, jika ada seorang calon pemimpin ternyata punya sejarah affair dan terbongkar oleh media, mereka langsung mengundurkan diri dari pencalonan tersebut. Ki Hajar Dewantaro pun punya konsep kepemimpinan yang sulit untuk dipenuhi Jupe. Ing ngarso sung tulodho, ing madaya mangun karsa, tut wuri handayani. Moto tersebut terjemahan langsungnya adalah “di depan memberikan teladan, di tengah menggerakkan, di belakang memberikan dorongan”. Pertanyaannya adalah, teladan apa yang bisa kita ambil dari Jupe? Benar nggak sih Jupe mampu menggerakkan yang di tengah? :mrgreen:  Sedangkan pada posisi di belakang, kira-kira dia mampu ndorong kagak ya?

Wis… wis.. wis.. mumet gundulku…. go head Jupe… Silakan jalan terus rencanamu untuk maju sebagai balon Bupati Pacitan, krn itu adalah hak kamu. Kamu mungkin sudah punya kartu truff untuk memenangkan pemilihan nanti, mungkin dengan menggencarkan sektor pariwisata seperti yang ada di gambar di atas. Tapi masyarakat Pacitan tidak akan silau oleh popularitas, mereka pun tidak sebodoh yang dibayangkan banyak orang. So, jangan salahkan kami jika nanti kamu tidak terpilih. Setidaknya kamu bisa menjadikan ini sebagai tonggak untuk memperbaiki diri… Amin 3X

Catatan :

Mohon maaf untuk penggemar kartun sekalian, tulisan ini OOT karena sebagai putra Pacitan saya tidak tahan untuk tidak mengomentari masalah ini.