Tag Archives: dpr

Balada pengemis modern

Pengemis adalah orang yang pekerjaanya meminta-minta. Dari sisi kosa kata PENGEMIS berasal dari awalan PE yang diikuti oleh kata dasar KAMIS. Lho, kog gak nyambung? Ceritanya gini bro, Duluuuuuu… saat Raja Pakubuono X berkuasa di Kerajaan Surakarta Hadiningrat, menjelang hari Jum’at, Kamis sore beliau menyempatkan diri pergi ke Masjid Agung dengan berjalan kaki. Oleh rakyat solo, kesempatan itu digunakan untuk bertemu dan bersalaman dengan sang Raja. Raja pun memanfaatkan moment tersebut untuk memberikan sedekah kepada rakyatnya tanpa terkecuali. Dalam perkembangan istilah Jawa, kebiasaan mencari berkah dari sang Raja yang kebetulan jatuh di hari Kamis, disebut “Ngemis”, sedangkan pelakunya jadi “Pengemis”. Mungkin klo kebetulan harinya jatuh pada hari Rabo, istilahnya jadi “Ngrebo” dan “Pengrebo” yak..??


Aku bukan Pengrebooooo cintaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa….... :batas

Okeeh, banyak cara dilakukan para pengrebo, eh pengemis modern untuk mendapatkan omzet yang tinggi.. Dari pake baju kumel, borok’an sampai pura-pura cacat. Tentunya semua itu disempurnakan dengan aksi theaterikal dengan mimik menghiba. Sssst…. denger-denger dari mereka ada lho yang nyempetin diri ambil privat akting ke Louis Suares segala… Dua kartun berikut, mencoba menggambarkan keunikan pengemis.. Lanjut gan….? hehe…

Kartun harian Warta Kota edisi 17 Maret 2013

Bangkot – Karya : Hendratno

Profil pengemis Modern kala harga bawang merah mendekati harga emas… ­čÖü

Karya : Nazar – Pengemis modern, menggunakan pendekatan ilmiah dalam teknologi pengemisan.. :mrgreen:

Karya : Iwan – Beginilah suasana ruang tunggu dokter THT .. :ngakaks

Karya : Zaebal Abidin – Nggak takut bunuh diri, tapi takut air…… :ngakaks

Karya : Ikhsan Dwiono – Beginilah suasana toilet FIP anggota DPR… :batas

Kartunmania Today’s
“Ada dua hal yang harus Anda lupakan: Kebaikan yang Anda lakukan kepada orang lain dan kesalahan orang lain kepada Anda.”
~Sai Baba ~

Karikatur DPR vs BUMN

Pemberitaan tentang kasus perseteruan DPR dengan Menteri BUMN, memang saat ini sudah tidak sesanter beberapa bulan yang lalu. Namun kalo melirik kartun Bang Hendratno di bawah ini, masih saja ada ruang untuk tersenyum. BUMN ibarat sapi perah yang gemuk. Dengan payudaranya yang montok, sudah terbayang di pelupuk mata, betapa segarnya susu yang bisa diperas dan dinikmati… :genit:

Namun, kali ini ternyata si sapi mulai pinter, dia gak rela jika? sembarang orang bisa meremas payudaranya. Klo udah begitu, berhati-hatilah kawan…. jangan sampai muka ente njarem gara-gara disepak sapi.. :batas

Kartun harian Warta Kota edisi 4 Nopember 2012

Bangkot – Karya : Hendratno

Anggota DPR dislenthak sapi… :ngakaks

Karya : Nazar – Extreme track .. :ngakaks

Karya : KK 12 – Gelora cinta menantang maut.. :mrgreen:

Karya : A. Cholid – Begini akibatnya, ketika copet sial ketemu master Tarno… :mrgreen:

Karya : Munadi -Pengendara motor wajib menyalakan lampu… :mrgreen:

Kartunmania Today’s
“Ketika kita meminta, Dia mengabulkan. Ketika kita bersyukur, Dia menambahkan. Ketika kita meminta dan bersyukur, DIA menciptakan KEAJAIBAN buat kita”

~ Renungan Jum’at ~