Tag Archives: jakarta

Solusi masalah macet dan banjir

Problematika kota metropolitan ternyata sangatlah komplek. Hampir dari segala penjuru segi kehidupan, terdapat pemasalah yang memerlukan perhatian serius oleh cagub DKI. Dua kartunis di bawah ini – Agung Kartika dan Yudit – mengangkat persoalan macet dan banjir sebagai tema karikaturnya. Menurut kartunmania sih, solusinya gini…

Solusi macet :

  • System moda transportasi massal perlu dievaluasi, terobosan baru bisa dicoba. Monorel cepetan diselesaikan, subway perlu dikaji ulang untuk direalisasikan.
  • Pendidikan moral perlu ditingkatkan… Hal ini menyangkut dua hal pokok : pendidikan tentang perilaku dalam berlalulintas yang baik dan benar dan pendidikan tentang cara bersikap dalam menentukan kebutuhan (bukan keinginan) akan kendaraan. Poin pertama cukup jelas, perilaku negatif, ugal-ugalan, mabok, nyerobot lampu merah, melawan arus dan semacemnya sudah terbukti mejadi penyebab kemacetan. Poin kedua, arogansi, dupeh nduwe, sok, pingin pamer, jadi penyebab hingga banyak rumah di jakarta yang didalamnya ada lebih dari 2 mobil. Anehnya, kelompok ini ada yang berada di barisan depan untuk meneriakkan kemacetan, padahal dia sendiri adalah salah satu kontributornya.. :batas

Solusi banjir :

  • Silakan jawab sendiri bro… kuncinya sama dengan persoalan kemacetan, perbaikan infrastruktur dan perbaikan habit. Namun khusus banjir, mesti ditambah satu hal lagi : DOA.

So, jangan kayak cagub di bawah ini, gara-gara banjir, terus ngacir melarikan diri… :batas

Kartun Suara Pembaruan edisi 22 April 2012

Karya : Agung Kartika – Jakarta lautan mobil… :mrgreen:

penjahat

Kartun Suara Pembaruan edisi 29 April 2012

Karya : Yudit – Cagub DKI lari dikejar banjir… :mrgreen:

cagub DKI

Kartun Suara Pembaruan edisi 22 April 2012

Karya : Erie – Sunatan balon.. 🙂

sunatan

Karya : A. Cholid – Trik mengatasi anjing galak… :mrgreen:

pengemis

Kartun Suara Pembaruan edisi 29 April 2012

Karya : Londho Gebhog – Susahnya kala hidup di jaman kapak perimbas.. 🙂

jaman batu

Karya : A. Syam – Lukisan naturalis sejati.. :mrgreen:

lukisan naturalis

Kartunmania Today’s

Tidak seorang pun punya kemampuan untuk melakukan sesuatu hal sempurna, tapi setiap orang diberi banyak kesempatan untuk melakukan hal yang benar.

~ someone

 

Jakarta lumpuh total

Ya, hujan deras hari Senin, 25 Oktober 2010 kemarin menyebabkan banjir dan genangan air dimana-mana. Sudah bisa ditebak, kemacetan yang luar biasa terjadi di hampir semua wilayah Jakarta.

Karikatur Kompas 24 September 2010

Karya : Didie SW

Betul kata Bang Didie SW, saluran air yang tidak terpelihara menjadi salah satu penyebab banjir. Sehingga tidaklah heran jika kejadian di bawah ini bisa menimpa anda atau saudara anda :

Kompas 17 September 2010
Karya : Jitet

Ah, Kemerdekaan yang menjadi tujuan para pahlawan bangsa ternyata masih sekedar kemerdekaan dari penjajahan bangsa lain scr fisik. Merdeka dari kebodohan dan kemiskinan masih menjadi PR besar bagi semua pihak. Wabil khusus warga DKI ternyata merdeka dari Banjir pun masih sekedar … mimpi.. Ya, mimpi!! *Jarum 76 mode : on**

Kompas 8 Agustus 2010
Karya : Jitet

Bukannya apriori terhadap kondisi ini bro, sebagian warga justru menganggap bahwa macet tuh udah biasa… Kalo ndak macet bukan Jakarta namanya…. :mrgreen:

Kompas 8 Oktober 2010
Karya : Jitet

Okeeh.. Kartunmania gak mau mengomentari siapa yang salah atau siapa yang mesti disalahkan.. Kenapa? Filosofi blog ini nggak begitu bro.. Kartunmania ingin melihat segala permasalahan dr sisi fun-nya saja. Yang ringan-ringan sajalah… So, yang jadi pertanyaannya sekarang adalah : Bagaimana kita menikmati perjalanan kita meski dalam keadaan macet dimana-mana? Mungkinkah?
Hmmm… teman-teman mungkin bisa bantu?