Tag Archives: Pikiran Rakyat

Khasiat daun bayam

Bayam adalah salah satu jenis sayuran kegemaran saya waktu kecil. Di siang hari yang panas, makan siang ditemani sayur bobor + tempe goreng masakan Sibu adalah saat-saat yg tak terlupakan… hmm.. nyam..nyam… (miss u mom..)
Kata alm Bapakku, “jika ingin pandai, banyak-banyaklah makan bayam, krn gizinya yang tinggi”. Waktu itu yg aku tahu, Gizi adalah sesuatu yang bermanfaat bagi tubuh. Okeeh, apa sih sebenarnya manfaat dari bayam?

  • Bayam selain bermanfaat sebagai sayur juga berkhasiat obat.
  • Mampu memperbaiki sistem pencernaan.
  • Menurunkan resiko terserang kanker.
  • Mengurangi kolesterol (masih sebatas pada hewan), dan bersifat antidiabetes. Cara kerjanya dalam menurunkan kolesterol pada hewan adalah dengan mengonversi kolesterol dalam tubuh menjadi koprostanol yang kemudian dibuang ke luar tubuh. Sedangkan yang membuatnya berkhasiat antidiabetes adalah kandungan mangannya (Mn).
  • Untuk mengobati asma, bisa memakai bayam duri Amaranthus spinosus. Caranya yaitu dengan memotong lima batang bayam duri muda, termasuk daun dan kembangnya. Rebus potongan itu dengan menggunakan lima gelas air selama 7 – 10 menit. Air hasil rebusan tadi diminum tiga kali sehari. Untuk anak-anak cukup diminum setengah gelas, sedangkan untuk orang dewasa satu gelas, dan bayi dua sendok makan saja.
  • Untuk mengobati eksim pada kulit, juga memakai bayam duri Amaranthus spinosus. Caranya yaitu dengan mengompres atau membalut bagian yang menderita eksim. Pengompresan menggunakan kain yang telah direndam dalam air panas hasil rebusan bayam. Pengompresan dilakukan selama 20 – 30 menit, cukup satu kali dalam satu hari.
  • Air sari bayam segar yang dicampur madu berkhasiat pula untuk pengobatan bronkhitis, anemia, dan demam.
  • Bila bayam muda dimasak dan airnya dicampur madu, ramuan itu bisa menyembuhkan keputihan pada wanita, gangguan lever, dan gangguan saluran pencernaan macam sembelit dan tukak lambung.
  • Untuk keperluan kecantikan, bayam pun bisa dimanfaatkan. Misalnya untuk perawatan kulit muka, kulit kepala, dan rambut.
  • Untuk perawatan kulit wajah, caranya hanya dengan mengoleskan campuran sari air bayam dan kunyit di wajah. Dengan perawatan macam ini akan dihasilkan kulit wajah bercahaya, mencegah jerawat dan kekeringan, serta mencegah penuaan terlalu cepat pada kulit wajah.
  • Atau, dapat pula dengan cara membuat jus bayam. Dengan menggunakan kapas, gosokkan jus bayam ke wajah dengan gerakan berputar di sekitar sudut-sudut mata, dahi, sudut-sudut bibir, dan dagu. Lakukan perawatan ini selama lima menit ketika bangun pagi dan malam hari menjelang tidur. Bila dipandang perlu, bisa dilakukan pembilasan dengan air dingin. Dalam John Heinerman’s Encyclopedia of Healing Juice disebutkan, jus bayam membantu mengencangkan dan menghilangkan keriput wajah sekitar 40 – 60%.
  • Untuk perawatan kulit kepala dan rambut, caranya dengan mengoleskan sari air bayam secara merata pada kulit kepala dan rambut dengan teratur. Hasil yang akan diperoleh adalah rambut yang tumbuh sehat.

Sumber : khasiatku.com

Dalam bahasa Srimulat, bayam disebut juga “bayem”… salah satu kata yang paling dibenci oleh alm Triman… Bagi anda yang tidak sempat kenal dengan Triman, sekarang cobalah sebutkan kata “bayam” tapi dengan mulut tetap terbuka… nah, sekarang baru tahu kan betapa andapun akan membenci kata “bayam”… 😆

Kartun Pikiran Rakyat, 16 Mei 2010

PERI dan ACIL – Karya : Nada dan Ali

SI MENEL dKK – Singa yang sombong – Karya : Wahyu

TAK & DUT – Karya : Aan Iskandar

 

Si Menel pun ngefan sama Robby Darwis

Pergantian pelatih di kubu Maung Bandung dari Jaya Hartono ke Robby Darwis, memberikan harapan baru bagi pendukungnya. Setahu Kartunmania, Kang Robby adalah sosok yang low prifile, tapi kalau dilapangan sangatlah dingin dalam menjaga pertahanan timnya. Maka tidaklah heran jika beliau jadi langganan Tim Nas bertahun-tahun. Dibandingkan rekan-rekan se-angkatannya, Kang Robby termasuk terlambat dalam menekuni karier barunya sebagai pelatih, namun itu bukanlah menjadikan nilai minus. Setidaknya ini adalah anggapan sebagian besar bobotoh Persib dan The Vikings.
Yah, Kartunmania hanya berharap, jangan sampai Persib merubah gaya permainannya yang atraktif hanya gara-gara Kang Robby yang mempunyai latar belakang seorang defender. Namun lebih atraktif lagi dengan pembenahan sektor pertahanan yang lebih solid. Filosofi sepak bola menyerang ala Belanda adalah “Menyerang adalah pertahanan terbaik”, tapi Xabi Alonso pernah bilang “Pertahanan adalah awal penyerangan yang baik”. Kartunmania gak tahu, filosofi yang mana yang lebih baik, Kartunmania juga belum tahu bagaimana filosofi sepakbola Kang Robby, kita lihat saja nanti… Semoga kehadiran beliau menambah menariknya sepakbola di ranah sunda pada khususnya dan Indonesia pada umumnya… Bravo Kang Robby..!! Bravo
Okeeeh…. Kalo filosofi sepakbola Kartunmania nih “Bermainlah sepakbola dengan nuranimu dan bukan dengan hati dengkimu, apalagi dengan belatimu….” Huuuuuu.. filosofi macam apaan tuh…. 😆

Kartun Pikiran Rakyat, 09 Mei 2010

SI MENEL dKK – Singa yang sombong – Karya : Wahyu

TAK & DUT – Karya : Aan Iskandar

PERI dan ACIL – Karya : Nada dan Ali