Sering Ngeseks Encerkan Sperma?

Oleh : Hudi Winarso, Androlog

Pertanyaan :

Benarkah bila terlalu sering berhubungan seksual dengan istri, sperma encer? Saya berusia 30 tahun dan baru dua bulan menikah. Saya dan istri ingin segera punya anak. Tolong jelaskan frekuensi berhubungan intim yang memungkinkan sperma dalam kondisi optimal.

RISMAWAN, Surabaya

Jawab :

Ada dua fungsi seks dalam lembaga perkawinan. Salah satunya, fungsi reproduksi atau hubungan seks untuk mendapatkan keturunan / anak. Selain itu, fungsi rekreasi atau kesenangan suami-istri.

Yang terpenting dalam hubungan seks untuk fungsi reproduksi, menempatkan dengan masa subur istri. Wanita lazimnya mengeluarkan satu sel telur pada masa subur. Sekitar sebulan dihasilkan satu telur. Penentuan masa subur wanita dengan sistem kalender harus memperhatikan siklus menstruasi.

Telur yang telah diproduksi (ovulasi) bisa bertahan sekitar dua atau tiga hari. Artinya, pasangan suami istri yang menginginkan anak, akan efektif jika berhubungan seks pada perkiraan masa subur. Yakni, dua hari sebelum masa subur dan dua hari setelah masa subur. Berdasarkan data penelitian terbaru, jika suami istri berhubungan badan tiap hari saat masa subur, angka kehamilan akan lebih baik. Asal,kondisi sperma suami prima.

Masalah kekawatiran tentang sperma encer karena frekuensi berhubungan seks yang terlalu sering bisa benar dan bisa juga salah. Untuk sperma yang dihasilkan seorang pria, sel benihnya (spermatozoa) dihasilkan oleh biji pelir (testis). Cairannya diproduksi oleh kelenjar prostat dan vesika seminalis.

Nah, dalam masa pengantin baru, nikmati saja kebersamaan dengan instri. Jika dalam waktu setahun belum juga mendapatkan momongan, Anda berdua perlu memeriksakan diri. Istri memeriksakan diri ke dokter kandungan dan suami ke dukun dokter andrologi. (e12/nda)

Jawa Pos edisi 08 April 2010

Posted in: konsultasi seks

13 Comments

  1. kartunmania says:

    sebenarnya masalahnya bukan di kental dan encernya sperma sob.. mungkin lebih tepatnya sehat atau tidaknya, berkualitas atau tidaknya..
    Dari refelatur yg pernah saya baca, kondisi tubuh yg prima akan berbanding lurus dengan kualitas sperma. So, makanan yang berprotein dan bergizi tinggi sangatlah berpengaruh. Denger2, minuman kopi juga memberikan efek positif terhadap kualitas sperma… 🙂

  2. johan says:

    masa subur kalo g salah 5 hari dari hari ke 14 – 18 dihitung dari pertama menstruasi, pada masa subur tersebut apakah hanya diproduksi 1 ovum saja

  3. kartunmania says:

    yup.. jika asumsinya rentang datangnya mens 30-31 hari. Bisa nggeser lebih awal jika rentang waktunya lebih sempit… 🙂

Leave a Comment